Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Yang Benar Untuk SEO
Cara Research Keyword atau me-riset kata kunci sangat penting bagi perkembangan sebuah blog atau web agar mendapatkan trafik sesuai dengan yang kita harapkan. Mencari kata kunci yang tepat akan memberikan dampak posifit bagi web kita sendiri, apalagi kita memiliki konten berkualitas yang sangat enak dibaca untuk bermain seo.
Riset keyword ternyata bisa membuat blog web kita semakin berharga di google. Anda bisa mengikuti cara-cara dan analisa yang saya lakukan agar anda mendapatkan blog berpenghasilan yang lumayan.
Tujuan Riset Keyword
Pasti sebagian dari kita ingin mengetahui tujuan utama dari melakukan research atau riset sebuah kata kunci yang muncul di google. Tujuan tersebut pasti akan sesuai harapan kita apabila dilakukan dengan cara yang benar. Dan berikut adalah tujuan riset kata kunci:
- Akan mendapatkan pengunjung sesuai target keyword
- Dapat melihat tingkat persaingan
- Menentukan tingkat kualitas dari artikel
- Memberikan informasi yang jelas kepada pengunjung
- Website akan memperoleh banyak pengunjung
- Menentukan nilai jual keyword
dari tujuan diatas, pasti kita ingin memiliki blog yang punya banyak pengunjung karena melakukan riset dengan benar. Jadi, apabila anda tidak melakukan pengembangan keyword yang akan ditulis, maka blog anda akan sepi dari pengunjung. Selain itu, agan juga harus menentukan kata kunci mana yang harus diulang di setiap artikelnya.
Apa Yang Terjadi Apabila Blog Tidak Melakukan Riset Kata Kunci Pencarian
Menulis asal-asalan tanpa melakukan riset sama saja bohong karena blog akan terasa sepi dan kita sebagai pemilik juga merasa frustasi. Terkadang, banyak orang salah melakukan research keyword yang benar, mereka tidak melihat jumlah pencari selama sebulan. Padahal, sudah banyak tools-tools gratis di internet yang bisa kita gunakan untuk melihat volume pencarian per bulannya.
Di Artikel ini, saya juga akan menyampaikan bagaimana cara menghasilkan visitor yang banyak hanya bermodal 20 artikel dan meng-estimasi penghasilan yang bisa kita dapat apabila benar-benar fokus untuk menulis konten sesuai kata kunci yang kita incar.
Yang akan terjadi, apabila kita tidak melakukan riset keyword
- Blog akan sepi pengunjung
- Niche atau tema tulisan sebuah blog akan campur-campur (Gado-gado)
- Akan sangat sulit keindex oleh mesin pencari
- Sedikit pencarian kata kunci
Ciri-ciri website yang tidak melakukan research keyword
- Tulisan tidak fokus
- Jumlah artikel sangat banyak tapi tidak tertarget
- Mengulang keyword dengan membuat artikel baru
- Jumlah kata masing-masing artikel sangat sedikit
Keuntungan Riset Keyword
Keuntungan riset kata kunci di google dengan benar akan berpengaruh pada penghasilan kita juga. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa keuntungannya:
Blog akan memiliki banyak pengunjung/visitor
Sudah tak heran, kalau kita melakukan riset dengan benar, maka pengunjung akan senantiasa datang sesuai dengan keyword yang kita targetkan. Keyword tersebut bisa saja muncul di halaman satu google dan bisa juga karena rekomendasi dari pengunjung melalui media sosial.
Mengalahkan keyword pesaing
Untuk mengalahkan pesaing atau kompetitor website atau blog, tentu kita harus menggunakan beberapa keyword-keyword yang banyak di dalam satu artikel. Nah, keuntungannya adalah kita bisa mengalahkan dengan banyaknya keyword yang muncul sesuai dengan target kita.
Dapat menentukan sub-sub heading
Jika melakukan riset yang benar, maka kita bisa memisahkan sub-sub heading. Misalnya mana yang harus diletakkin di H2, H3, H4, Qoute, dan seterusnya. Hal ini sangat berpengaruh dimata google karena akan terlihat rapi.
Jadi, kalau artikel lengkap, pasti tujuan pengunjung akan mudah di dapatkan. Misalnya mencari tentang belajar seo, maka mereka akan memahami bagaimana belajar SEO yang benar. Oleh karena itu, anda harus membuat navigasi artikel yang bagus.
Navigasi yang saya maksud adalah seperti menentukan sub heading, kategori, tag dan lain-lain.
Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Sebelum Research keyword
langkah research kata kunci juga harus anda pahami, jangan langsung gas pol. Anda harus menentukan poin-poin keyword mana yang akan dinaikkan. Dengan begitu, anda akan mendapatkan visitor yang banyak setiap artikelnya. Nah, langkah awal yang perlu anda pahami adalah sebagai berikut:
Memahami Jenis Keyword atau Kata Kunci
Jika kata kunci berat, maka sebaiknya langsung ditinggalkan. keyword dengan tingkat persaingan yang berat seperti bisnis online, jasa seo, jualan online, nonton film dan lain sebagainya. Biasanya keyword-keyword tersebut harus di dukung dengan offpage seperti backlink pbn, share medsos dan lain-lain. Nah, persaingan kata kunci harus anda lihat menggunakan tools-tools premium, caranya adalah dengan melihat tingkat kesulitan dari keyword tersebut.
Menentukan keyword yang paling banyak dicari
Untuk menentukan nilai dari sebuah kata kunci, yang perlu kita lakukan adalah menggunakan tools gratis atau premium untuk melihat jumlah pengunjung bulanan dari keyword tersebut. Nah, cara ini yang paling banyak diminati oleh internet marketing sekarang, tapi terbukti ampuh juga kok. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jasa pbn untuk meningkatkan keyword halaman satu di google.
Mencari Kata Kunci Populer, Viral dan keyword Potensial
Banyak juga diantara internet marketing menghiraukan cara ini. Padahal jika benar-benar dilakukan, maka akan sangat berpengaruh untuk masa depan sebuah website. Oleh karena itu, anda harus tahu bagaimana cara mencari keyword populer, viral dan potensial. Biasanya orang akan mencari keyword tersebut dengan cara berikut ini:
- Memperhatikan blog pesaing dan mencari pencarian populer di sidebar
- Menggunakan tools untuk mengetahui tag viral dan dibuat artikel
- Mengetahui potensial pencarian dari bulan ke bulan.
Melihat Jumlah Nilai Keyword Per Kliknya
Jika anda membuat artikel dengan keyword yang memiliki nilai CPC rendah, maka penghasilan anda juga pasti akan rendah. Oleh karena itu, sebaiknya anda juga harus melihat keyword yang memiliki nilai klik tinggi.
Cara Riset Kata Kunci Yang Benar
Jika langkah diatas sudah agan lakukan, maka saatnya melakukan riset dengan membuat konten yang berkualitas. Nah, sangat mudah sekali sebenarnya dan agan hanya mempersiapkan beberapa informasi yang akan saya sampaikan dibawah ini.
Menentukan Jumlah Volume Pengunjung
Untuk menentukan berapa jumlah pengunjung per keyword ada banyak caranya. Agan bisa menggunakan tools atau menganalisa sendiri menggunakan google. Agan juga bisa melihat beberapa website populer yang menggunakan cara ini. Untuk menegtahui jumlah research keyword agan bisa melakukannya dengan berikut:
1. Riset Keyword Menggunakan Semrush
Semrush memberikan kemudahan bagi internet marketing untuk mengetahui keyword potensial dan yang gampang digarap. Anda bisa menentukan jumlah masing-masing pengunjung serta tingkat kesulitannya.
2. Riset keyword menggunakan ubersuggest dari neilpatel
Sebenarnya cara ini cukup gampang, anda tinggal mengunjungi link research keyword yang sudah disediakan oleh neilpetel. Sebenarnya ubersuggest ini berdiri sendiri dengan nama situs ubersuggest.io, namun neilpatel.com membelinya dengan harga yang tidak disebutkan. Caranya bisa anda coba dibawah ini:
- Masuk ke neilpatel.com
- Pilih menu tools yang ada di navigasi
- Kemudian pilih ubersuggest
- Masukkan keyword yang ingin dibuat artikel
- Lalu pilih negara dan bahasa indonesian/indonesian
- Klik Look dan muncul hasilnya
- Kumpulkan masing-masing keyword yang relevan sesuai pencarian minimal 10
- Lalu masukkan kedalam excel sesuai jumlah pencarian
- Kemudian tentukan H2, H3 dan lain-lain
- Lalu buat artikel menggunakan judul target keyword
3. Riset Keyword Menggunakan Tools Premium
Dilain kesempatan, akan saya bahas secara lengkap. namun, pada artikel ini akan saya jelaskan singkat ya. Ada beberapa alat untuk riset kata kunci yang paling populer di dunia. Diantaranya adalah sebagai berikut:
Jika ditanya, mana yang paling saya suka dari keempat tersebut, maka jawaban saya adalah kwfinder. Mungkin akan saya jelaskan dilain kesempatan.
Singkirkan Keyword Dengan Persaingan Tinggi
Jangan sekali-kali mencoba menggunakan keyword yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Beberapa persaingan keyword memang dikhususkan untuk website dengan authority yang bagus dan mengapa anda harus membuang keyword-keyword tersebut? berikut alasannya:
- Karena web agan tidak akan bisa muncul di halaman satu
- Menghabiskan waktu
- Authority yang tinggi seperti DA dan PA diatas 50, akan sangat susah bagi kita untuk menyainginya
- Umur website pesaing lebih tua
- dll
Jadi, sebaiknya agan tidak usah menganalisa keyword-keyword tersebut. Tapi, jika dimasukkan kedalam artikel sih tidak masalah dan masih relevan. Tapi jangan hargap bisa berada di page one.
Gunakan Kata kunci yang panjang
Bidiklah kata kunci yang panjang agar web agan bisa masuk di halaman satu google. kata kunci yang bagus dan panjang akan menghasilkan pencarian yang sedikit. Namun, jika jumlahnya banyak maka anda akan sangat senang.
Gabungkan beberapa kata kunci dan jumlah pencarian
Untuk memberikan kualitas yang baik, anda bisa menggabungkan beberapa keyword agar bisa menghasilkan visitor yang banyak. Nah, anda juga harus memperhatikan jumlah pencarian masing-masing kata kunci ya.
Nah, itulah beberapa informasi yang bisa anda peroleh dari riset meriset keyword. Anda harus memahami ini agar mendapatkan pengunjung yang banyak dari google. Semoga beruntung dan terus riset kata kunci ya.
0 Response to "Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Yang Benar Untuk SEO"
Post a Comment
Komentar Anda di moderasi, Dilarang spam!